De Britto Super Forum

Silakin login atau mendaftar terlebih dahulu di De Britto Super-Forum Very Happy

Persepsi JB Menurut Saya :)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by dwitasari on Sun 14 Aug 2011, 22:33

"Pria gondrong bukan berarti tidak disiplin kok, begitu juga pria berambut pendek tidak menjamin dia akan bersikap disiplin, kembali ke konteks awal, disiplin itu soal SIKAP!"


Apa yang ada dipikiran lo ketika mendengar “Kolese De Britto”? Well, boleh gue tebak? Mungkin, dipikiran lo seperti ini ya: Sekolah yang siswanya berambut gondrong itu ya? Yang jarang pake seragam itu ya? Yang kalau akhir tahun ajaran itu boleh nyoret-nyoret tembok ya? Anyway, kalau anggapan lo segitu, masih cetek banget, Boy (kaya pengetahuan gue banyak aja hehe). Gue tahu JB dari temen gue, dia salah satu siswa disana, pria dengan senyum yang memukau ini adalah seorang (sorry) veteran. Tapi, want to know something? Cara bicara dan pola pikirnya tetap berkualitas, disini terbukti veteran dan tidak veterannya seorang anak JB, pasti mereka tetap cerdas. Kualitas seseorang kan memang tidak ditentukan dengan NILAI, tapi dengan PROSES. Dan, menurut temen gue, veteran bukan sesuatu yang harus ngebuat dia ngedown apalagi ngerasa ga berguna lagi. Toh, status veteran atau enggaknya seorang anak JB, tidak mengurangi rasa kebersamaan dia dengan temen-temennya.

Oke, boleh ya gue lanjut dengan rasa “iri” gue terhadap temen gue yang sekolah di JB ini. Saya salah satu siswi sekolah negeri di bilangan Depok, Jawa Barat. Dengan segala peraturan yang kadang menurut saya sering dilogis-logiskan itulah, sehingga sekolah negeri saat-saat ini hanya sebagai tempat untuk mengajarkan sesuatu yang semuanya telah terdapat dibuku, sekedar transfer ilmu pengetahuan, tidak memperdalam sesuatu yang disebut moral, nasionalisme, kecintaan terhadap bangsa, dan rasa kecintaan terhadap sekolah.

Pertama. Di sekolah saya, siswa laki-laki harus memangkas rambutnya dan tidak boleh gondrong, atas dasar apa? DISIPLIN! Apakah hubungannya disiplin dengan rambut pendek? DISPLIN itu kan soal SIKAP, bukan soal kondisi FISIK. DISIPLIN itu kan KESIAPAN HATI, bukan PEMAKSAAN dari orang lain. Dan menurut saya, pria gondrong bukan berarti tidak disiplin kok, begitu juga pria berambut pendek tidak menjamin dia akan bersikap disiplin, kembali ke konteks awal, disiplin itu soal SIKAP! Dan, betapa uniknya JB yang mengizinkan siswanya berambut gondrong tapi tetap disiplin terhadap tanggung jawabnya sebagai murid.

Kedua. Di sekolah saya, setiap anak wajib menggunakan seragam dan atribut yang lengkap. Seragam putih abu-abu, pin, ikat pinggang, serta baju harus dimasukan, kepala ikat pinggang harus kelihatan jika beberapa elemen itu tidak menempel dalam tubuh siswa, maka ada peringatan atas pelanggaran tersebut. Alasan itu digunakan agar siswa bisa mencintai sekolah, jika semua tentang sekolah melekat dalam tubuhnya, seperti pin berlambang sekolah, ikat pinggang berlambang sekolah, dan seragam sekolah. Padahal, KECINTAAN itu kan soal PERASAAN dan HATI, bukan soal apa yang kita GUNAKAN dan KENAKAN. Dan, betapa menakjubkannya cah JB, dengan baju bebas yang mereka kenakan, loyalitas dan kecintaan mereka terhadap sekolah tetap ada dan semakin lama semakin bertumbuh, karya nyatanya dibuktikan melalui JB MANIA.

Ketiga. Upacara bendera di sekolah saya selalu dilaksanakan pada hari Senin, tapi pemandangan wajib dari upacara tersebut adalah beberapa anak yang sibuk dengan mahluk tak bernafas bernama handphone, dan beberapa siswa lainnya sibuk membicarakan guru-guru. Apakah upacara berhasil menumbuhkan rasa kecintaan dan nasionalisme kita terhadap Indonesia? Dan, betapa sangat menggetarkannya JB, yang siswanya tetap memiliki rasa nasionalisme yang tinggi meskipun setiap hari Senin mereka tak selalu melaksanakan upacara.

Dan, sebenarnya apa sih yang salah dari pendidikan kita? Yap, kita terlalu memanjakan cara lama yang sebenarnya tidak menghasilkan apa-apa. Kita lebih banyak berbicara tentang teori daripada prakteknya. Rambut pendek, seragam serba lengkap, dan upacara tidak menjamin seorang siswa akan terbentuk karakter dan kepribadiannya. Dan, JB, apa istimewanya sekolah yang berdiri sejak 3 tahun setelah Indonesia merdeka ini? Sekolah ini punya cara pandang tersendiri, dimana peraturan dan paksaan tidak lagi digunakan dalam jalur pendidikan, dimana siswa bebas mengeksplorasi kreatifitas mereka dengan tetap menyadari hak serta kewajiban yang ada.

Saya suka sekolah ini. Saya wanita, dan kenyataan yang harus saya terima adalah saya tidak akan pernah bisa mengecap pendidikan disana, saya tidak akan bisa merasakan euforia berteriak lantang bersama JB MANIA. Jadi, bersyukurlah anda yang bisa bersekolah disana, karena banyak orang yang menginginkan tapi tidak mendapatkan.

Ini persepsi saya tentang JB, mungkin terlihat subjektif, makanya saya sebut persepsi, karena mungkin ada beberapa orang yang persepsinya berbeda denga saya. Ini persepsi saya, apa persepsimu?


Terakhir diubah oleh dwitasari tanggal Tue 20 Sep 2011, 17:47, total 6 kali diubah
avatar
dwitasari
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 10
Reputation Reputation : 2
Points : 14
Lokasi : bogor, Indonesia
Shio : Dog
Zodiac : Sagittarius
Join date : 14.08.11

Lihat profil user http://dwitasarii.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by sugeng on Mon 15 Aug 2011, 14:12

Saya setuju dengan yang kualitas seseorang tidak ditentukan dengan NILAI, tapi dengan PROSES. Bukan berarti saya veteran gan/sis! :ngakak :ngakak

Tapi ada satu hal yang penting lagi:
PENTING!:

ANE PERTAMAX GAN!!!
avatar
sugeng
Super Moderator
Super Moderator

Nationality : South Moluccas
Jumlah posting : 65
Reputation Reputation : 5
Points : 106
Join date : 08.06.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by dwitasari on Mon 15 Aug 2011, 19:29

hahahaha wooo masnya mah :p :malu
avatar
dwitasari
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 10
Reputation Reputation : 2
Points : 14
Lokasi : bogor, Indonesia
Shio : Dog
Zodiac : Sagittarius
Join date : 14.08.11

Lihat profil user http://dwitasarii.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Reds on Tue 16 Aug 2011, 19:17

keren dan mantap sekali... semakin bangga jadi anak JB :ngakak
avatar
Reds
Moderator
Moderator

Nationality : Italy
Jumlah posting : 24
Reputation Reputation : 1000
Points : 1040
Join date : 13.04.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by dwitasari on Tue 16 Aug 2011, 21:55

hahaha harus bangga yo mas Very Happy
avatar
dwitasari
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 10
Reputation Reputation : 2
Points : 14
Lokasi : bogor, Indonesia
Shio : Dog
Zodiac : Sagittarius
Join date : 14.08.11

Lihat profil user http://dwitasarii.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Gendon on Wed 17 Aug 2011, 09:11

MERDEKA!!!! MERDEKA!!!
avatar
Gendon
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 20
Reputation Reputation : 1
Points : 41
Join date : 10.06.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Michael on Wed 17 Aug 2011, 15:10

De Britto memang unik dan istimewa :2thumbup
avatar
Michael
JB Mania
JB Mania

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 38
Reputation Reputation : 3
Points : 66
Join date : 30.04.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Muhammad Syafei on Wed 17 Aug 2011, 15:18

o... de britto to?

Muhammad Syafei
Student
Student

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 3
Reputation Reputation : 0
Points : 3
Join date : 17.08.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by dwitasari on Wed 17 Aug 2011, 18:42

udah deh jangan bikin ngiri -____- gue kan cewe, gabisa sekolah disana hahaha. iya emang de britto mantep banget Very Happy
avatar
dwitasari
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 10
Reputation Reputation : 2
Points : 14
Lokasi : bogor, Indonesia
Shio : Dog
Zodiac : Sagittarius
Join date : 14.08.11

Lihat profil user http://dwitasarii.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Sontrotman on Sun 21 Aug 2011, 07:49

SMA Kolese De Britto emang keren dan gokil
avatar
Sontrotman
Senior Student
Senior Student

Nationality : Malaysia
Jumlah posting : 9
Reputation Reputation : 0
Points : 11
Lokasi : New Yorkarto
Shio : Dog
Zodiac : Pisces
Join date : 28.04.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by dwitasari on Tue 23 Aug 2011, 22:55

emang keren bangeeeeeeet Smile)
avatar
dwitasari
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 10
Reputation Reputation : 2
Points : 14
Lokasi : bogor, Indonesia
Shio : Dog
Zodiac : Sagittarius
Join date : 14.08.11

Lihat profil user http://dwitasarii.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by kloworman on Sun 28 Aug 2011, 06:46

gapapa sis, temen ane yang sekolah di sesama kolese juga ngiri kok. :ngakak

kalo menurut ane sih bukan masalah sekolahnya, tapi niat dari masing-masing siswa untuk mau berkembang dan bertanggung jawab. meskipun lingkungan mendukung tapi ga ada niat, ya percuma :cool
avatar
kloworman
Senior Moderator
Senior Moderator

Angkatan : 2014
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 16
Reputation Reputation : 4
Points : 24
Shio : Pig
Zodiac : Gemini
Join date : 28.08.11

Lihat profil user http://kiseekinosekai.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by sugeng on Sun 28 Aug 2011, 11:46

Nais info gan! Tritnya keren & berguna banget. Ane bantu sundul. Eh gan! Jangan lupa cendolin ane ya. Ane skrg masih abu-abu nih.
avatar
sugeng
Super Moderator
Super Moderator

Nationality : South Moluccas
Jumlah posting : 65
Reputation Reputation : 5
Points : 106
Join date : 08.06.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by suprapto on Sun 28 Aug 2011, 13:13

nek aku, JB = pak samino :hammer
nek hura Basketball JOS

suprapto
Student
Student

Angkatan : 2006
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 4
Reputation Reputation : 1
Points : 5
Join date : 28.08.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by dwitasari on Fri 16 Sep 2011, 14:47

unyu Smile)
avatar
dwitasari
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 10
Reputation Reputation : 2
Points : 14
Lokasi : bogor, Indonesia
Shio : Dog
Zodiac : Sagittarius
Join date : 14.08.11

Lihat profil user http://dwitasarii.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by suprapto on Fri 16 Sep 2011, 19:32

tok sepie.....ndi ki tjah jb???

suprapto
Student
Student

Angkatan : 2006
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 4
Reputation Reputation : 1
Points : 5
Join date : 28.08.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by kloworman on Sat 17 Sep 2011, 17:27

suprapto wrote:tok sepie.....ndi ki tjah jb???
udah pada ngungsi. takut kalo forumnya beneran digusur. :ngakak
avatar
kloworman
Senior Moderator
Senior Moderator

Angkatan : 2014
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 16
Reputation Reputation : 4
Points : 24
Shio : Pig
Zodiac : Gemini
Join date : 28.08.11

Lihat profil user http://kiseekinosekai.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by sugeng on Sat 17 Sep 2011, 17:30

kloworman wrote:
suprapto wrote:tok sepie.....ndi ki tjah jb???
udah pada ngungsi. takut kalo forumnya beneran digusur. :ngakak

beneran gan forumnya mau digusur? :bingung :ngakak
ane belajar dulu ah buat Mid Semester besok Very Happy
avatar
sugeng
Super Moderator
Super Moderator

Nationality : South Moluccas
Jumlah posting : 65
Reputation Reputation : 5
Points : 106
Join date : 08.06.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by kloworman on Fri 23 Sep 2011, 23:03

sugeng wrote:
kloworman wrote:
suprapto wrote:tok sepie.....ndi ki tjah jb???
udah pada ngungsi. takut kalo forumnya beneran digusur. :ngakak

beneran gan forumnya mau digusur? :bingung :ngakak
ane belajar dulu ah buat Mid Semester besok Very Happy

ga tau juga sih. tapi waktu Refleksi bersama, Romo Dwiko sempet menyinggung masalah Forum ini kan? :bingung
avatar
kloworman
Senior Moderator
Senior Moderator

Angkatan : 2014
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 16
Reputation Reputation : 4
Points : 24
Shio : Pig
Zodiac : Gemini
Join date : 28.08.11

Lihat profil user http://kiseekinosekai.wordpress.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Stella Loussier on Sat 01 Oct 2011, 18:46

:ngacir2
Emang, Proses adalah suatu yang lebih penting. Karena proses adalah Fondasi dari hasil gemilang....
Mantab Coyyy :repost
avatar
Stella Loussier
Student
Student

Angkatan : 2013
Nationality : United Kingdom
Jumlah posting : 4
Reputation Reputation : 0
Points : 6
Lokasi : Atlantic Federation
Shio : Pig
Zodiac : Scorpio
Join date : 01.10.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by berak di siang bolong on Wed 05 Oct 2011, 16:42

Stella Loussier wrote: :ngacir2
Emang, Proses adalah suatu yang lebih penting. Karena proses adalah Fondasi dari hasil gemilang....
Mantab Coyyy :repost

ternyata repsol ya :repost
avatar
berak di siang bolong
JB Enthusiast
JB Enthusiast

Nationality : Uruguay
Jumlah posting : 20
Reputation Reputation : -3
Points : 27
Join date : 08.06.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Bagong 2004 on Wed 07 Dec 2011, 14:02

Dulu kenal JB gara2 bny anak JB main kerumah gara2 mbakku anak stece :hammer
pas lulus smp disuruh daftar di JB sama mbakku, tp bapakku maksa di negeri yang murah meriah :ngakak , akhir e setelah sampai JB buat daftar bingung iini sekolah apa kelurahan ( kapel depan kek bangunan kalurahan ) sampai dalem, naudzubillah gede banget :matabelo , akhre daftar wes tes disana, trs tes juga di suatu SMA negeri di jogja, akhire dua dua nya ketrima, bingung milih mana akhirnya milih JB aja ben bisa gondrong:D, tapi biayanya yang wow bapak saya mewanti wanti kalo smp nda naik kelas mending ga usah sekolah skalian:( akhir e nekat masuk JB, dan akhirnya lah jadi anggota asosiasi kadang manuk, yang sering nongkrong di burjo :ngakak, dan ternyata dengan 100rb/bln saya dapet ilmu yang begitu banyak, teman2 yang idealis, realistis, dan setia kawan, seharusnya dengan begitu banyaknya saya harus bayar lebih itu:), JB oh JB kangen banget ak, apalagi sama guru klenik kita:)

PS. untung masuk JB, kalo jadi masuk SMA negeri ak bakal jadi musuh tawuran JB, partner sparing soale:ngakak

Bagong 2004
Student
Student

Angkatan : -
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 4
Reputation Reputation : 0
Points : 4
Join date : 07.12.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by suprapto on Wed 28 Dec 2011, 16:11

sopo sing meh gusur?

suprapto
Student
Student

Angkatan : 2006
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 4
Reputation Reputation : 1
Points : 5
Join date : 28.08.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by evannave on Wed 11 Jan 2012, 10:09

JOSS!! Very Happy

evannave
Young Moderator
Young Moderator

Angkatan : 2011
Jumlah posting : 5
Reputation Reputation : 0
Points : 207
Shio : Rooster
Zodiac : Taurus
Join date : 02.06.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by kamenraiderMX on Fri 24 May 2013, 19:20

bounce ane harus kerja keras di JB neh

kamenraiderMX
Junior Student
Junior Student

Angkatan : -
Nationality : Indonesia
Jumlah posting : 1
Reputation Reputation : 0
Points : 1
Join date : 24.05.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Persepsi JB Menurut Saya :)

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik